Tuesday, August 8, 2017

HUT RI ke-72 Sebagai Pendidikan Nasionalisme

HUT RI ke-72 Sebagai Pendidikan Nasionalisme - Merdeka ! Merdeka ! Merdeka !. 72 tahun sudah indonesia berada dalam masa kemerdekaan, terbebas dari belenggu para penjajah. Tercatat dengan tinta emas perjuangan para Mujahid (baca: Pejuang ) bangsa indonesia yang telah mengorbankan harta dan jiwa untuk kepentingan bangsa , sehingga kita yang berada di Abad 21 ini patut bersyukur telah merasakan hasil para pejuang.

DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE-72

Tema yang diangkat pada HUT RI ke -72 adalah Indonesia Kerja Bersama, Ini menjadi esensi dan ajakan kepada masyarakat Indonesia untuk merangkul dan mengedepankan asas kebersamaan. Masyarakat diingatkan melalui semboyan ini untuk kembali bersama-sama bersatu dalam perbedaan dan melanjutkan perjuangan menjadi bangsa yang terhormat.

Sedangkan logo 72 tahun Indonesia Kerja Bersama merupakan representasi dari semangat gotong royong untuk membangun Indonesia menuju masa depan yang lebih baik. Angka 7 pada logo HUT Indonesia adalah simbol dari sebuah anak panah yang menyerong ke arah kanan atas. Hal itu melambangkan dinamisme pembangunan yang berorientasi ke masa depan positif.

Sementara letak dan posisi angka 2 pada logo yang terlihat merangkul angka 7 merupakan perlambangan dari asas kebersamaan dalam bekerja membangun Indonesia dan mencapai target yang telah direncanakan. Selain itu, angka 2 juga merepresentasikan bentuk bendera Indonesia yang terdiri dari dua bagian.

Kemudian slogan 'Kerja Bersama' memiliki arti menunjukkan pendekatan yang bersifat merangkul dan memperlihatkan asas kebersamaan serta gotong royon dalam membangun Indonesia menjadi lebih baik. Slogan 'Bersama Kerja' menunjukan ajakan untuk bersama-sama bekerja membangun kemajuan Indonesia dan mencapai target yang telah direncanakan.

Kesempatan Menyadarkan Nilai Nasionalisme

Sebagian besar masyarakat di indonesia, ikut langsung berkontribusi dalam perayaan hari ulang tahun republik indonesia ke - 72 ini. Mulai dari, pemasang bendera di pinggir - pinggir jalan, hiasan bendera merah putih di berbagai tempat , acara lomba agustusan , dll. 
terutama saat Upacara 17 Agustus yang dilaksanakan di setiap daerah menjadi kesempatan yang utama untuk menyadarkan Nilai Nasionalisme kepada seluruh masyarakat. Kita juga harus sadar bahwa bangsa ini mengalami berbagai masalah : mulai dari masalah korupsi, perekenomian, ketidakadilan hukukm, diskriminasi agama dan suku, dan sebagainya. saya berpikir bahwa salah satu faktor permasalahan tersebut adalah kurangnya jiwa nasionalisme di bangsa ini.

"Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri." ( Ir. Soekarno )
( www.bintang.com )

Catatan Penulis

Masih ingatkah kamu perkataan Ir. Soekarno Hatta :
"Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 Pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia"
 Sejarah telah menjadi saksi bahwa perubahan ada di tangan para pemuda, maka jika engkau ingin terciptaperadaban baru yang beradab , maka siapkanlah para generasi muda terbaik untuk menggapai bintang di masa yang akan datang.

Sumber :
www.nasional.tempo.co
www.kompasiana.com

1 comment:

^_^ TERIMAKASIH TELAH MEMBACA ARTIKEL KAMI ^_^

Silahkan berikan komentar , saran , maupun kritik yang membangun kepada kami untuk kemajuan dan perbaikan blog ini.